TARI SAMAN DAN KERAWANG GAYO LUES

        TARI SAMAN DAN KERAWANG GAYO LUES
 
 
Hallo perkenalkan nama saya win putraariga yang sering disapa dengan panggilan winsaya merupakan putra seorang seniman yang berasal dari dataran tinggi gayo lues sejak dari sekolah dasar saya sudah tinggal di kota ini bersama paman saya karna sebuah kecelakan maut yang menimpa kedua orang tua saya.
 
Saya menyukai tari saman sejak saya berumur  1thn disaat itu ayah saya masih sering tampil di acara pesta rakyat yang di adakan setelah panen padi atau setelah lebaran haji, namun semenjak tari saman di angkat menjadi warisan budaya tak benda oleh unesco pada tgl24 november 2011aku semakin cinta terhadap warisan leluhur kampung halaman ku tersebutdan ingin cepat-cepat pulang mempelajari tari saman dan kerawang gayo lues yang menjadikan aku tergila-gila akan budaya kampung halaman ku itu,
 
Dan kisah ku pun berjalan disini,
 
Sore itu aku bertemu dengan teman-teman di kedai coffe favorit kami seperti biasanyanamun kali ini sedikit berbeda karna aku bermaksut untuk mengajak merekake gayo lues untuk mempelajari tari saman dan juga memperdalam pengetahuan tentang makna kerawangayo lues yang begitu indah di mata,
 
Namun mereka menolak ajakan itu, mereka berpendapat bahwan semua orang itu sudah mempunyai bidangnya masing-masing dan bidang kita hanya soal mencari laba  yang banyak dan mendapat bonus besar dari boss, bukan budaya dan kerawang gayo mu itu
 
Cekcok pun tak terhindarkan diantara kami aku yang merasa sakita hati membuat situasi tak begitu nyaman dan kami pun bergegas pulang,
 
Keesokan harinya aku memutuskan menghabiskan liburan kali ini dengan mencari pengetahuan tentang tarisaman dan kerawan gayo lues melalui sosial media untuk memuaskan rasa cinta ku terhadap tari saman dan kerawan gayo lues,
namun hasil yang ku dapat belum dapat memuaskan batin ku.
 
Aku pun bergegas mencari informasi lagi dengan menbaca buku-buku tentang kebudayansembari mencari pemuda yang berasal dari gayo lues yang tau banyak tentang tari saman dan kerawang gayo lues namun miris banyaknya pemuda yang tidak tau banyak tentang hal tersebut dan meraka mengarahkan ku untuk langsung datang ke gayo lues, dan hal itu tidak lah mudah bagi ku karan perjalanan kesana membutuhkan jarak tempuh yang cukup jauh di tambah aku tidak tau harus menemui siapa disana,
 
Setelah beberapa hari aku mulai putus asa dan mengurungkan niat ku untuk mempelajari budaya tarisaman beserta kerawan gayo lues yang aku cintai itu,
 
 Di hari selanjutnya tampan sengaja aku menemukan tulisan seseorang yang menggambarkan tentang budaya tari saman dan kerawang gayo lues yang aku cari selama ini,
 
Aku pun tidak mau menyia-nyiakan waktu pada saat itu, tampa pikir panjang aku langsung menghubungi penulis tersebutdan di saat itu pula beliau langsung merespon dengan baik dan memberi kontak beserta alamatnya untuk akuhubungi setelah aku disana
 
Keesokan harinya aku pun bergegas untuk berangkat menuju gayo lues
Dan yang membuat aku terkejut teman-teman yang tadinya tidak mau untuk aku ajak ke gayo lues, mereka sudah siap dan menunggu ku dengan perlengkapanyang telah mereka siapakan,
 
Lalu aku sempat bertanya-tanya tentang mereka yang tau bahwasanya aku akan berangkat hari ini, dan ternyata mereka meliat story yang aku buat malam saat aku mempersiapkan barang-barang yang akan ku bawa
 
DAN PERJALANAN PUN DIMULAI.
 

 

Komentar